Mata Kuliah KKL yang Menyenangkan


Saya adalah mahasiswa Universitas Semarang, dan saya akan menceritakan pengalaman sewaktu KKL di Surabaya dan malang.
Rute pertama adalah ke Surabaya. Perjalanan dimulai pada hari rabu sore pukul 16.00, start dari kampus Universitas Semarang. Perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam dan sampai di kota Surabaya pukul jam 21.00. Setelah sesaimpainya di sana aku dan teman-teman langsung check in di Hotel Pop Surabaya. Sebenarnya saya dan teman-teman yang lain tidak terlalu nyaman menginap di hotel tersebut, karena setiap kamar harus di isi tiga orang, Sementara Kasurnya hanya dua. Meskipun begitu kita harus memaksakan untuk bisa tidur karena harus bangun lebih awal paginya.

Jam menjukkan pukul 07.00. Aku dan kawan-kawan bergegas untuk mandi dan setelah itu makan. Setelah semua mahasiswa selesai makan, saatnya semua mahasiswa untuk berangkat kunjungan di HM sampoerna. Perjalanan tidak terlalu jauh, Hanya memakan waktu kurang lebih setengah jam. Selama perjalanan Local Guide di dalam bus memberikan penjelasan tentang tempat-tempat bersejarah di Surabaya yang di lewati selama perjalanan. 

Tak terasa akhirnya sampai di lokasi museum HM Sampoerna. Dari luar nampak lokasi museum yang cukup bagus dan rapi. Setelah itu aku dan mahasiswa yang lain masuk ke dalam museum. Kita disambut oleh pemandu yang cantik. Pembandu tersebut menjelaskan secara detail sejarah berdirinya HM Sampoerna.


Comments